Logo Bloomberg Technoz

Lo Kheng Hong Soal Saran Robert Kiyosaki Beli Saham saat Krisis

Mis Fransiska Dewi
04 October 2023 08:00

Lo Kheng Hong (Bloomberg Technoz/ Mis Fransiska Dewi)
Lo Kheng Hong (Bloomberg Technoz/ Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Investor kawakan Lo Kheng Hong menanggapi pernyataan pebisnis Jepang, Robert Kiyosaki perihal membeli saham pada saat krisis ekonomi. Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Lo Kheng Hong, namun ia mengatakan Kiyosaki sendiri bukan investor saham.

“Perkataannya benar, pada saat krisis harga saham murah. Tentu bagi kita membeli perusahaan bagus harga murah itu peluang emas bagi investor tapi sebetulnya Robert Kiyosaki bukan investor saham. Dia lebih banyak bicara properti, misalnya dia mengajarkan orang untuk beli properti dari utang kemudian properti itu disewakan uang sewanya untuk bayar cicilan,” kata Lo Kheng Hong (LKH) dalam Seminar Wealth Wisdom 2023 di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Saat ini, kata LKH, Kiyosaki malah menganjurkan orang untuk membeli bitcoin. “Jadi Robert Kiyosaki bukan orang saham. Orang saham itu adalah Warren Buffett,” kata LKH yang telah menjadi investor saham selama 34 tahun itu.

Laki-laki berusia 64 tahun itu mengatakan, ketika pandemi Covid-19 pada 2020 IHSG di Indonesia turun di angka 3.900. Bagi investor, kondisi itu merupakan peluang emas dan saat kondisi itu, disarankan untuk membeli saham sebanyak-banyaknya.

“Ketika ada hujan emas kita harus siapkan ember yang besar bukan gayung yang kecil. Ketika pandemi selesai harga saham naik. Dulu pas pandemi IHSG 3.900 kalau sekarang IHSG sudah hampir 7.000. Ketika krisis merupakan peluang emas dan hujan emas bagi investor,” ujar LKH.