Logo Bloomberg Technoz

Malaysia Keluhkan Kabut Asap Imbas Kebakaran Hutan Indonesia

News
30 September 2023 12:00

Suasana wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, Rabu (7/6/2023). (Dok. BNPB)
Suasana wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, Rabu (7/6/2023). (Dok. BNPB)

Anuradha Raghu - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Malaysia melaporkan kabut asap dari kebakaran hutan di Indonesia telah memasuki dan menyelimuti beberapa wilayah di negara Jiran tersebut. Mereka juga mengklaim, kabut asap tersebut telah  menyebabkan penurunan kualitas udara.

Kementerian Lingkungan Hidup Malaysia mengatakan, kabut asap lintas batas tersebut berasal dari kebakaran hutan di Sumatra bagian Selatan dan Kalimantan. Polusi udara pun sedang mencemari kawasan pantai barat Malaysia dan bagian Barat Sarawak di pulau Kalimantan.

Asap dari kebakaran merupakan masalah yang terus berulang di Asia Tenggara. Hal ini mengganggu pariwisata dan merugikan ekonomi lokal hingga miliaran dolar. Asap ini biasanya berasal dari kebakaran alami atau akibat ulah manusia di Indonesia dan Malaysia, seperti ketika kondisi kering dan lahan dibuka untuk tanaman perkebunan.

Para peramal cuaca memperkirakan kembalinya El Nino dalam beberapa bulan ke depan akan membawa cuaca yang lebih kering di Asia Tenggara. Kondisi ini akan semakin mendorong potensi terjadinya kebakaran.