Logo Bloomberg Technoz

Dua Eks-Google Buat Startup AI Beda dari yang Lain

News
18 August 2023 14:30

Ilustrasi Blockchain. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Blockchain. (Dok Bloomberg)

Rachel Metz dan Julia Love - Bloomberg News

Bloomberg, Dua karyawan Google sekaligus peneliti bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), David Ha dan Lion Jones merintis perusahaan Sakana. Mereka terinspirasi dari pola hidup ikan dan lebah.

Sakana hadir untuk memecahkan masalah yang mendesak di dunia, berangkat dari semangat pergerakan kelompok ikan dan koloni lebah. Sakana (dalam bahasa Jepang: ikan) ingin menciptakan AI dengan lebih sedikit data.

Tidak ingin seperti perusahaan AI saat ini yang berlomba-lomba menciptakan sistem lebih besar. dan mengalahkan satu sama lain. Perusahaan startup ini berencana membuat beberapa model AI yang lebih kecil, berteknologi seperti ChatGPT, dan membuat mereka bekerja bersama. Polanya seperti “segerombolan” program bisa sama pintarnya.

David Ha dan Lion Jones, memaparkan pendekatan Sakana berpotensi menghasilkan AI yang lebih murah untuk dilatih dan digunakan dibandingkan teknologi yang ada saat ini,  termasuk AI generatif, yang telah memikat Silicon Valley dengan kemampuannya mengeluarkan teks dan gambar sebagai respons atas perintah.