Logo Bloomberg Technoz

Dua Perusahaan Multifinance Lokal Jadi Incaran Investor Asing

Krizia Putri Kinanti
04 August 2023 16:10

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aksi akuisisi perusahaan pembiayaan alias multifinance di Tanah Air oleh perusahaan asing akan kembali terjadi. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono menginformasikan bahwa sebanyak dua perusahaan pembiayaan tengah dalam tahap akuisisi oleh investor asing.

“Saat ini, 1 Perusahaan Pembiayaan telah selesai diakuisisi oleh investor dari Singapore. Selain itu, terdapat 2 Perusahaan Pembiayaan yang masih dalam proses akuisisi oleh investor asing (Thailand dan Singapore),” ujarnya pada RDK OJK, Kamis (3/7/2023).

Akuisisi perusahaan pembiayaan oleh investor luar negeri ini menjadi salah satu cara untuk menutupi kekurangan modal minimum. Di mana seperti diketahui beberapa multifinance sedang berupaya memenuhi kecukupan modal minimum.

Ia menambahkan bahwa dari 3 Perusahaan Pembiayaan yang diakuisisi oleh investor asing tersebut, hanya 1 perusahaan pembiayaan yang memiliki ekuitas di bawah Rp100 miliar, dan sampai saat ini terdapat 8 (delapan) perusahaan pembiayaan yang belum dapat memenuhi ekuitas minimum.

Ia juga menjelaskan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah yang telah dilakukan, yakni menegakkan kepatuhan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.