Logo Bloomberg Technoz

Menilik 4 Desain Rumah Tahan Cuaca Panas Ekstrem

News
15 July 2023 19:00

Ilustrasi Rumah (Siumber: Bloomberg)
Ilustrasi Rumah (Siumber: Bloomberg)

Olivia Rudgard - Bloomberg News

Bloomberg, Belahan bumi utara makin panas. Eropa adalah benua dengan pemanasan suhu tercepat di dunia, dan Kanada memanas dua kali lebih cepat dari bagian dunia lainnya — sebuah tren yang didorong oleh areal ekstrem paling utara kedua kawasan tersebut. Itu berarti jutaan orang tinggal di rumah yang dibangun untuk cuaca yang sudah tidak relevan lagi.

Implikasinya bisa mematikan. Pada 2003, gelombang panas di Eropa menewaskan sedikitnya 70.000 orang, dan suhu yang memecahkan rekor tahun lalu menyebabkan sekitar 61.672 kematian terkait dengan panas di 35 negara di wilayah tersebut.

Risikonya sangat akut bagi orang yang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan — orang Eropa dan Amerika Utara menghabiskan sekitar 90% waktunya di dalam — dan bagi orang yang tidak terbiasa menjaga rumah tetap sejuk.

Di seluruh Eropa, kurang dari 10% orang memiliki AC di rumah. Meski menaikkan persentase kepemilikan AC akan membantu mengatasi panas, produk elektronik itu juga menambah emisi karbon dan membebani jaringan listrik.