Logo Bloomberg Technoz

Jokowi mengatakan, kawasan IKN sangat menjunjung cita-cita pengembangan energi dan industri hijau. Setiap tahun, pemerintah akan melakukan persemaian 16 juta bibit di wilayah Rumpin dan 15 juta bibit di Mentawir. 

Kawasan IKN juga memiliki potensi besar pada energi baru terbarukan dengan nilai mencapai 434 gigawatt melalui geotermal, angin, surya, biofuel, dan hidro.  Menurut Jokowi, wilayah ini memiliki 4.400 sungai dengan potensi besar.

“Ini potensi besar untuk menghasilkan produk hijau dari industri hijau yang saat ini menjadi prioritas di sektor hilirisasi, industri manufaktur panel surya dan baterai, serta industri kendaraan listrik,” kata Jokowi.

Pada perhelatan Ecosperity Week 2023, Badan Otorita IKN juga membangun stan khusus. Di dalamnya, para investor dan pengunjung dapat melihat sejumlah maket dan konsep pembangunan IKN. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan gambaran besar peluang investasi di kawasan tersebut.

Sementara Presiden Jokowi hanya hitungan jam berada di Singapura, usai menghadiri forum yang diadakan Temasek Foundation itu, Jokowi lanjut bertolak ke Malaysia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju sempat menyambut dan menemani investor asal Singapura ke kawasan IKN, 30 Mei-1 Juni 2023. Pada saat itu tercatat ada 95 delegasi yang mewakili sekitar 69 perusahaan asal negeri Singapura yang hadir.

(frg/ezr)

No more pages