Logo Bloomberg Technoz

Pemangkasan bunga pinjaman dan deposito akan membantu bank yang berusaha untuk menyeimbangkan marginnya yang menyusut karena permintaan pemerintah menurunkan bunga kredit guna mendukung perekonomian.

Beijing telah meluncurkan serangkaian kebijakan untuk menopang perekonomian setelah serangkaian tindakan keras terhadap berbagai industri dan lockdown yang berkepanjangan akibat Covid Zero. Pihak otoritas berusaha meningkatkan pinjaman untuk mendukung pemulihan ekonomi setelah data terbaru menunjukkan perlambatan.

Aktivitas ekonomi di China (Sumber: Bloomberg)

Setelah melonjak di kuartal pertama, kredit dan pinjaman baru perbankan melemah di bulan April karena konsumen dan dunia usaha membatasi pinjaman mereka. Alih-alih menambah utang, rumah tangga memilih menabung pendapatannya dan membayar cicilan KPR mereka sementara dunia usaha dihadapkan pada penurunan permintaan dan penurunan keuntungan.

Bank besar termasuk ICBC dan Bank of China terakhir kali memangkas suku bunga deposito acuan mereka untuk pertama kalinya sejak 2015 pada September 2022. Bank-bank yang lebih kecil mengikuti jejak ini di bulan April dengan menurunkan suku bunga pada beberapa tenor.

Penurunan bunga deposito akan berdampak pada penurunan biaya dana, sehingga memungkinkan bank menurunkan bunga kredit. Dengan bunga kredit yang lebih murah akan menarik nasabah dan dunia usaha mengajukan kredit. Bunga simpanan yang rendah membuat nasabah kurang tertarik menabung di bank.

- Dengan asistansi dari Amanda Wang dan Nasreen Seria.

(bbn)

No more pages