Logo Bloomberg Technoz

Demi Ekonomi, China Minta Bank Pangkas Bunga Deposito Lagi

News
06 June 2023 15:30

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Otoritas Keuangan China dikabarkan meminta bank besar domestik untuk menurunkan suku bunga deposito menandai upaya terbaru untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Ini kali kedua dalam satu tahun terakhir perbankan diminta untuk memangkas bunga deposito.

Menurut beberapa sumber Bloomberg News, bank milik pemerintah termasuk Bank of China Ltd., Industrial & Commercial Bank of China Ltd. dan Bank of Communications Co. minggu lalu disarankan memangkas suku bunga pada berbagai produk, termasuk tabungan dan giro sebesar 5 basis poin (bps) dan deposito 3 tahun dan 5 tahun minimal 10 bps.

Permintaan ini disampaikan bank sentral melalui mekanisme penilaian sendiri. Kebijakan ini disebut tidak bersifat wajib. Hingga berita ini diturunkan bank sentral China atau People Bank of China (PBoC) tidak segera memberikan tanggapan.

Grafik ekonomi China melemah (Sumber: Bloomberg)

Bank-bank besar China dikabarkan sedang mengkaji permintaan tersebut dan mungkin akan menyesuaikan suku bunga paling cepat minggu ini. Saat ini bank besar menawarkan bunga tahunan untuk simpanan tabungan dan giro sebesar 0,25%, deposito tiga tahun 2,6% dan deposito lima tahun 2,65%.