Logo Bloomberg Technoz

Selain Saham GOTO, Ini Deretan Saham yang ARB 15% di Hari Pertama

Muhammad Julian Fadli
05 June 2023 18:50

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang hari bergerak fluktuatif dengan kecenderungan melemah, namun akhirnya mengakhiri perdagangan awal pekan dengan catatan stagnan pada Senin (5/6/2023) pada level 6.633,44.

Adapun hari ini juga bertepatan dengan batasan Auto Reject Bawah (ARB) terbaru sebesar 15%, di mana tidak lagi maksimal 7%.

Itu merupakan penerapan normalisasi batas Auto Reject tahap I, yang juga merupakan bagian dari normalisasi kebijakan perdagangan di bursa saham mengingat situasi pandemi Covid-19 yang sudah jauh lebih terkendali.

Kebijakan tersebut merujuk kepada Surat Keputusan Direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) Nomor Kep-00055/BEI/03-2023 yang telah dikeluarkan pada 30 Maret 2023 perihal Peraturan Nomor II-A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas. 

Pergerakan Saham GOTO Auto Reject Bawah ARB (Bloomberg)

Data perdagangan mencatat setidaknya ada 8 saham yang ditutup di level ARB pada hari ini. Salah satu di antaranya merupakan emiten berkapitalisasi besar seperti PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) setelah harga sahamnya ambrol 22 poin atau 14,97% menuju Rp125/saham.