Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Perkasa Kalahkan Dolar dan Mata Uang Asia Lain

Ruisa Khoiriyah
05 June 2023 16:00

Ilustrasi uang rupiah, (Photo By johan10 via Envato)
Ilustrasi uang rupiah, (Photo By johan10 via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah gagah perkasa mengawali perdagangan Juni ini. Performa rupiah melampaui mata uang di negara-negara pasar berkembang Asia lain yang mayoritas melemah menghadapi the greenback hari ini.

Sinyalemen arah bunga Federal Reserve yang diperkirakan membuka lagi kemungkinan kenaikan pada Juli nanti setelah jeda bulan ini, menyusul data terbaru pasar tenaga kerja Amerika Serikat yang menunjukkan inflasi belum jinak, membuat dolar AS perkasa. 

Namun, rupiah mampu mengungguli kinerja mata uang peers dengan mencatat penguatan signifikan ke kisaran Rp14.890/US$ pada pukul 15:26, Senin (5/6/2023).

Rupiah menguat melawan dolar AS di tengah pelemahan mata uang Asia (Bloomberg)

Penguatan rupiah terdorong oleh tingginya animo pemodal asing ke pasar obligasi ditandai dengan melandainya yield Surat Utang Negara (SUN/INDOGB) dipimpin oleh penurunan yield INDOGB-2 tahun hingga 5 bps.

Rupiah membuka perdagangan hari ini dengan lompatan 1% meninggalkan zona Rp14.900-an dengan diperdagangkan rata-rata di rentang Rp14.887/US$ dengan posisi terkuat pada pukul 11:01 di kisaran Rp14.872/US$.