Logo Bloomberg Technoz

Sebagian Besar PNS Daerah Belum Terima THR

Sultan Ibnu Affan
18 April 2023 18:30

Konferensi Pers Kanwil DJPN DKI Jakarta (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Konferensi Pers Kanwil DJPN DKI Jakarta (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) pemerintah daerah (pemda) belum menerima tunjangan hari raya (THR). Padahal realisasi pencairan THR untuk PNS di lingkungan pemerintah pusat sebagian besar sudah cair.

Staf Ahli bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan Made Arya Wijaya mengatakan bahwa realisasi THR yang telah cair baru sebanyak 270 pemda per Jumat (14/4/2923) dari total 542 pemda yang ada.

"Jadi memang ini belum separuhnya, masih 49,4% pemda yang sudah mencarikan THR bagi pegawai ASN daerah," kata Made dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Made mengatakan bahwa pembayaran THR untuk pejabat daerah saat ini mencapai Rp 7,32 triliun untuk 1,4 juta pegawai. Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyalurkan APBN sebesar Rp 12,1 triliun melalui treasury deposit facility (TDF) ke berbagai rekening daerah.

"Ini artinya pemda dapat cairan dari TDF ini agar pemerintah punya cukup cash untuk THR ASN daerahnya," kata Sri Mulyani pada Senin (17/4/2023).