Logo Bloomberg Technoz

Untuk proyek KA lainnya yakni pembangunan jalur kereta api ganda Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso (Jawa Tengah). Empat proyek pembangunan jalur kereta api dan dua proyek supervisi di Lampegan, Cianjur, (Jawa Barat); serta proyek perbaikan perlintasan sebidang di Jawa-Sumatra. 

Dalam kasus ini, KPK menduga para pejabat telah menerima suap senilai Rp 14,5 miliar. Selain itu KPK juga menetapkan 10 orang tersangka yang terdiri dari 6 pejabat Kemenhub selaku penerima suap. Sementara 4 pihak swasta selaku pemberi suap.

KPK juga telah menyita sejumlah barang bukti permulaan berbentuk uang tunai dalam mata uang rupiah dan dolar Amerika serikat dengan jumlah tolal sekitar Rp 2 miliar.

Proyek KA Makassar-Parepare

Proyek ini merupakan pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi yang juga sarana prasarana transportasi berbasis rel yang dibangun pertama kali di Pulau Sulawesi.

Jalur rel ini menghubungkan Sulawesi Selatan (Makassar) hingga Sulawesi Utara (Manado, yakni jalur Makassar-Parepare lintas Maros-Barru.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, pada akhir Maret atau tepatnya Rabu (29/3/2023) lalu, Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana Jokowi mengunjungi Sulawesi Selatan untuk meresmikan proyek tersebut. Peresmian itu dilakukan di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Jokowi saat itu berharap proyek tersebut dapat memperlancar transportasi masyarakat sehingga konektivitas lebih lancar.

"Kita harapkan orang tidak berbondong-bondong naik kendaraan pribadi. Dengan kereta yang nyaman, dingin, dan bersih ini, orang akan berpindah naik kereta sehingga jalan tidak macet,” kata Jokowi pada saat itu.

Dalam kesempatan itu badir juga Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Dirut KAI Didiek Hartantyo serta Dirut PT Celebes Railway Indonesia Helmi Adam.

(ibn/ezr)

No more pages