Logo Bloomberg Technoz

Perwakilan dari empat bank terbesar serta Morgan Stanley dan Goldman Sachs Group Inc menolak memberikan tanggapan.

Jumlah pencadangan yang disisihkan oleh masing-masing bank kemungkinan akan bervariasi sesuai dengan besarnya kontribusi mereka. Ketentuan tersebut akan berdampak minimal pada pendapatan bank-bank besar yang membukukan laba miliaran dolar setiap kuartal tersebut.

11 bank menjaminkan deposito untuk First Republic setelah runtuhnya dua bank regional AS lainnya yang memicu kepanikan di kalangan nasabah. Langkah yang dipelopori oleh CEO JPMorgan Jamie Dimon dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen itu dirancang untuk mengulur waktu di saat First Republic mengeksplorasi opsi strategis yang bisa dilakukan.

Kantor Cabang First Republic Bank di New York pada Jumat, 10 Maret. (Sumber: Bloomberg)

Analis di Wedbush Securities berspekulasi pekan ini bahwa penjualan First Republic tidak mungkin terjadi apabila perusahaan tidak masuk ke dalam pengawasan kurator pemerintah. First Republic pada awal kuartal ini memiliki serangkaian kerugian hampir US$ 27 yang menghambat terjadinya akuisisi.

"Kerugian yang belum direalisasi, yang tertanam dalam neraca, mencegah penjualan merger dan akuisisi sukarela perusahaan," kata David Chiaverini, seorang analis di Wedbush Securities, dalam sebuah catatan kepada klien.

Satu-satunya skenario akuisisi yang memungkinkan untuk First Republic, dalam pandangannya, adalah melalui pengawasan kurator, di mana calon pengakuisisi dapat mengambil keuntungan dari pembelian murah yang dibantu oleh lembaga penjamin simpanan AS, FDIC.

— Dengan asistensi Max Reyes.

(bbn)

No more pages