Logo Bloomberg Technoz

Kronologi ‘Korban’ Unitlink dan Klarifikasi AXA Mandiri

Ruisa Khoiriyah
03 April 2023 15:24

Ilustrasi Bank Mandiri. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bank Mandiri. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di media sosial tengah viral video seorang perempuan yang menangis di depan kantor sebuah bank. Video yang diunggah oleh akun TikTok @Indriandhiny itu sudah dilihat oleh 5,3 juta penonton.

Berdasarkan penelusuran Bloomberg Technoz di media sosial Facebook dan Instagram, akun Indriandhiny membeberkan kronologis pengalaman pahitnya dengan asuransi unitlink pada 1 April lalu. 

Dini mengaku menjadi nasabah asuransi Axa Mandiri sejak 2017 lalu saat suaminya ditawari oleh tenaga Customer Service (CS) Bank Mandiri di Bandung. “Financial advisor Axa Mandiri tidak menjelaskan bahwa produk yang dibeli oleh suami saya adalah asuransi unitlink dan tidak menjelaskan bahwa produk ini banyak potongannya,” tulisnya seperti dikutip, Senin (3/4/2023).

Dini mengaku berdasarkan penjelasan financial advisor, produk unitlink yang ditawarkan itu seperti tabungan berjangka hanya dengan potongan premi Rp 350.000 per bulan dan cukup dengan menabung 5 tahun uang akan kembali penuh. “Pada saat pembuatan polis [asuransi] tersebut, suami saya tidak menerima buku polis,” jelasnya.

Ia tidak merasa curiga mengingat Axa Mandiri adalah anak usaha Bank Mandiri yang notabene BUMN terkemuka. Sekitar 6 bulan berselang, Dini tertarik membeli asuransi yang sama. “Sama dengan sebelumnya, financial advisor itu tidak menjelaskan bahwa produk itu unitlink. Disebutnya itu tabungan,” kata Dini.