Logo Bloomberg Technoz

Banyak Aduan Unitlink, OJK: Agen Kurang Jelas Sampaikan Informasi

Tara Marchelin
23 February 2023 13:15

Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyampaian informasi tentang asuransi unitlink yang tidak jelas oleh agen menjadi salah satu pemicu salah persepsi nasabah terhadap produk asuransi tersebut. Alhasil sering terjadi banyak aduan dari masyarakat. 

“Adanya penyampaian informasi yang salah dari agen asuransi bahwa unitlink diidentikkan dengan tabungan atau deposito, yang artinya nilainya tidak akan turun," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Friderica Widyasari Dewi, pada Bloomberg Technoz, Rabu malam (22/2/2023). 

Padahal, Frederica menambankan, banyak perbedaan antara unitlink dengan tabungan atau deposito "Selain itu, tidak dijelaskan biaya-biaya dan risiko yang melekat dengan produk unitlink,” ucap Friderica.

Friderica menjelaskan penyebab tidak jelasnya informasi ke calon nasabah juga karena adanya benturan kepentingan agen sehingga informasi produk atau layanan tidak disampaikan secara holistik. “Antara menjelaskan detail atau konsumen tidak jadi beli karena adanya biaya dan risiko,” tambahnya. 

Hal ini juga sempat menjadi sorotan Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023 yang digelar awal Februari lalu. Presiden mengungkapkan ada banyak aduan masyarakat yang sampai padanya terkait produk keuangan, termasuk asuransi unitlink.