Logo Bloomberg Technoz

KPK Selidiki Artis Inisial R pada Aliran Uang Rafael Alun

Sultan Ibnu Affan
31 March 2023 14:59

Permintaan maaf Rafael Alun Trisambodo. (Tangkapan layar video/ist)
Permintaan maaf Rafael Alun Trisambodo. (Tangkapan layar video/ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi mengklaim masih mendalami sejumlah nama yang berkaitan dengan kasus dugaan penerimaan gratifikasi pemeriksa pajak, Rafael Alun Trisambodo atau RAT. Salah satunya seorang artis dengan inisial R yang belakangan dikaitan dengan bos RA Pictures, Raffi Ahmad.

"Masih kami dalami dulu. Karena inisial R ini, bisa jadi nama depannya R, atau nama tengahnya R, atau nama belakangnya R," kata Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu di Gedung KPK, Kamis (30/3/2023).

Menurut dia, penyidik saat ini memang sedang menelusuri seluruh aliran dana yang dimiliki ayah Mario Dandy tersebut. KPK akan memeriksa seluruh nama yang memberikan gratifikasi untuk mengurus pajak. Termasuk, rekan-rekan di Kementerian Keuangan yang terlibat dalam praktik gratifikasi tersebut.

"Para pemberi gratifikasi ini, yang disebut lebih menarik dibandingkan sosok RAT sendiri, nanti dalam perjalanannya tentu akan kami panggil dan periksa," kata Asep.

Bahkan, menurut dia, penyidik akan melakukan penggeledahan pada sejumlah tempat yang diduga menyimpan sejumlah bukti. Salah satunya penggeledahan kediaman Rafael dan pembongkaran safe deposit box di perbankan. Ini adalah salah satu tehnik pembuktian, yaitu follow the money.