Logo Bloomberg Technoz

Partai Buruh Menangkan Pemilu Inggris, Tapi Jebakan Menanti

News
23 May 2024 11:45

Pemimpin Partai Buruh oposisi Inggris Keir Starmer. (Dok: Bloomberg)
Pemimpin Partai Buruh oposisi Inggris Keir Starmer. (Dok: Bloomberg)

Ailbhe Rea - Bloomberg News

Bloomberg, Keir Starmer telah menunggu pengumuman ini selama lebih dari setahun. Pemimpin Partai Buruh oposisi Inggris ini tampak gembira ketika Perdana Menteri Rishi Sunak meluncurkan apa yang hampir semua orang perkirakan akan menjadi kampanye yang gagal untuk tetap berkuasa setelah pemilihan pada 4 Juli.

Setelah memimpin jajak pendapat sekitar 20 poin--jauh lebih banyak dalam beberapa survei--sejak September 2022, Starmer berada di jalur yang tepat untuk memimpin partainya ke dalam pemerintahan dari oposisi untuk keempat kalinya dalam 124 tahun sejarahnya.

Namun, masih ada kegelisahan di Partai Buruh, didorong oleh lubang yang digali oleh kekalahan bersejarah partai dalam pemilihan umum pada tahun 2019. Analisis menunjukkan bahwa Starmer perlu meningkatkan kinerja Partai Buruh sebanyak 125 kursi dari mantan pemimpin Jeremy Corbyn--lebih dari dua kali lipat tantangan yang ada di antara Tony Blair dan kemenangan mayoritas untuk kemenangan pertamanya pada tahun 1997. Ini akan menjadi perubahan terbesar di era pascaperang.

Ini berarti bahwa ketika Starmer mengambil alih pada tahun 2020, para pejabat Partai Buruh mengira masa jabatannya akan seperti masa jabatan Neil Kinnock, mantan pemimpin Partai Buruh sebelum Blair yang meningkatkan prospek partai, tetapi gagal meraih kemenangan pada tahun 1992.