Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Lapor Jokowi Soal Bea Cukai, Ini Daftar Kasus Viral

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 May 2024 08:10

Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja melaporkan kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk situasi yang dihadapi oleh jajaran Ditjen Bea Cukai di lapangan yang sempat membuat gaduh media sosial.

“Saya laporkan Bea Cukai dan pembahasan mengenai apa yang terjadi situasi yang dihadapi oleh seluruh jajaran di lapangan yang viral-viral, dan penyebab dari sisi peraturan, penyebab dari sisi prosedur yang harus diperbaiki anak buah kita,” kata Sri Mulyani setelah menghadap Jokowi, dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

Ia juga menyampaikan bahwa para pegawai Ditjen Bea Cukai dihadapkan beberapa dinamika dalam menjalankan tugasnya, seperti perubahan teknologi yang sangat cepat, hingga volume kegiatan dan beban yang luar biasa.

Terkait hal tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan akan mengevaluasi kinerja Bea Cukai untuk nantinya mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan.

“Kami akan terus mengambil langkah-langkah untuk perbaikan, untuk memperbaikinya,” terang Bendahara Negara.