Logo Bloomberg Technoz

BI Rate Naik, BRI Akan Perketat Kriteria Penyaluran Kredit

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 April 2024 12:40

Penggunaan kartu kredit untuk transaksi (Mark OFlyn:Unsplash)
Penggunaan kartu kredit untuk transaksi (Mark OFlyn:Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan memperketat kriteria penyaluran kredit setelah Bank Indonesia (BI) memutuskan menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25% pada April 2024.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan hasil asesmen yang dilakukan perseroan terhadap kondisi perekonomian global dan domestik menunjukan bahwa ekonomi RI hingga kuartal II 2024 diperkirakan memiliki risiko yang tinggi dan potensi pertumbuhan ekonomi yang moderat.

Adapun, simulasi tersebut dilakukan dengan cara membuat matriks antara potensi pertumbuhan ekonomi berada di level rendah, moderat, atau tinggi dan disandingkan dengan tingkat risiko yang bisa terjadi.

Dengan hasil simulasi tersebut, Sunarso menyebut BRI hingga Juni mendatang perlu mengekspansi kredit namun dalam tingkatan yang moderat, serta perlu menyesuaikan kriteria penyaluran kredit menjadi ketat.

“Jadi mungkin kriteria-kriteria untuk menyalurkan kredit kami perketat. Kemudian kami monitoring Non Performing Loan (NPL) secara cepat. Simulasi dan asesmen harus kami lakukan secara berkelanjutan,” kata Sunarso dalam Konferensi Pers Kinerja Keuangan Konsolidasi BRI Kuartal I 2024, Kamis (25/4/2024).