Logo Bloomberg Technoz

BI Pastikan Intervensi Rupiah di Pasar Uang Hari Ini

Redaksi
19 April 2024 16:15

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memastikan melakukan intervensi di pasar uang demi menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Jumat (19/4/2024) hari ini. Secara total, bank sentral sudah melakukan intervensi selama tiga hari berturut-turut pekan ini.

Direktur Eksekutif Pengelolaan Moneter dan Aset Sekuritas BI Edi Susianto mengatakan bank sentral sudah berada di pasar spot dan Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF) hari ini. Menurut dia, eksportir juga memberi dukungan dengan memasok valuta asing, sehingga membantu BI menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"(Total sudah) dua hari sebelum hari ini, support dari eksportir untuk suplai dolar AS ke market cukup bagus," ujar Edi kepada Bloomberg Technoz, Jumat (19/4/2024).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai cadangan devisa Indonesia telah terkuras US$6 miliar hanya dalam tiga bulan pertama tahun ini. Pendekatan intervensi langsung ke pasar masih menjadi pilihan BI bahkan ketika posisi cadangan devisa sudah terkuras miliaran dolar AS.

"Kami masuk ke pasar lebih luas untuk mempertahankan kepercayaan diri pasar," kata Edi Susianto dilansir dari Bloomberg.