Logo Bloomberg Technoz

Negara-negara Ini Jadi Pemasok Utama Senjata ke Israel

Hidayat Setiaji
16 April 2024 13:45

Sebuah senjata dan peluru ditemukan dalam penggerebekan rumah di Duran, Ekuador, Kamis (1/2/2024). (Vicente Gaibor/Bloomberg)
Sebuah senjata dan peluru ditemukan dalam penggerebekan rumah di Duran, Ekuador, Kamis (1/2/2024). (Vicente Gaibor/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Situasi di Timur Tengah masih panas. Teranyar, konflik di kawasan kaya minyak itu melibatkan negara baru, yaitu Iran.

Akhir pekan lalu, Iran melancarkan serangan udara ke wilayah Israel. Serangan itu dilakukan sebagai balasan atas gempuran Israel terhadap gedung Konsulat Iran di Damaskus (Suriah).

Israel mengklaim berhasil menangkal lebih dari 90% misil dan pesawan tanpa awak (drone) yang diluncurkan Iran.

Soal persenjataan, Israel memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat Anda menempati “rumah” di mana para tetangga membenci Anda, tentu kewaspadaan harus selalu terjaga.

Industri persenjataan Israel adalah salah satu yang paling unggul di dunia. Mengutip data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Israel adalah eksportir senjata nomor 9 dunia. Pangsa (share) ekspor senjata Israel selama periode 2019-2023 adalah 2,4% dari total ekspor persenjataan dunia.