Logo Bloomberg Technoz

Skenario Terburuk Perekonomian RI Imbas Ketegangan Iran & Israel

Pramesti Regita Cindy
16 April 2024 08:55

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Eisenhower Fellowships Indonesia sekaligus Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu memaparkan bahwa kondisi ekonomi Indonesia akan terkena dampak jika ketegangan antara Israel dan Iran berlanjut. 

Perekonomian dunia, termasuk Indonesia, akan terganggu jika Israel membalas serangan Iran yang dilakukan pada Sabtu malam (13/4/2024) dan dampaknya juga akan bergantung kepada bagaimana cara Israel melakukan pembalasan.

"Untuk Indonesia apa pengaruhnya? Rantai pasok melalui Terusan Suez akan mengalami gangguan, sehingga ada gangguan terhadap input kita, apakah itu minyak, gandum maupun produk dari Eropa yang lainnya," kata Mari dalam webinar yang digelar oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter, Senin (15/4/2024).

Tak hanya itu, konflik antara Iran dan Israel juga akan mempengaruhi harga minyak. Harga minyak diperkirakan akan meningkat terlebih bila Amerika Serikat (AS) yang selama ini mendukung Israel memberikan sanksi terhadap minyak Iran, sehingga dampaknya juga akan terasa dan tidak bisa dihindarkan hingga ke dalam negeri.

Dengan kenaikan harga minyak mentah, maka akan dapat berdampak pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024, terlebih dari sisi belanja dan defisit.