Logo Bloomberg Technoz

Yen Menguat Didorong Spekulasi Kenaikan Suku Bunga BOJ

News
05 April 2024 10:45

Yen Jepang (Sumber: Bloomberg)
Yen Jepang (Sumber: Bloomberg)

Yumi Teso dan Daisuke Sakai - Bloomberg News

Bloomberg, Yen melonjak ke level tertinggi dua minggu terhadap dolar setelah pernyataan Gubernur Bank Sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) Kazuo Ueda. Hal ini meningkatkan spekulasi bahwa bank sentral akan menerapkan kenaikan suku bunga tambahan lebih cepat tahun ini.

Mata uang Jepang menguat sebanyak 0,4% menjadi 150,81 per dolar, terkuat sejak 21 Maret. Ueda mengatakan dalam wawancara dengan Asahi Shimbun bahwa kemungkinan mencapai target inflasi BOJ akan semakin meningkat, seiring kenaikan upah yang tercermin dalam indeks harga konsumen (IHK) yang lebih tinggi mulai musim panas hingga musim gugur.

Komentar Menteri Keuangan Shunichi Suzuki bahwa Jepang siap mengambil tindakan yang tepat terhadap pergerakan mata uang yang berlebihan tanpa mengesampingkan opsi apa pun juga mendukung yen. 

Investor telah waspada terhadap kemungkinan Jepang untuk melakukan intervensi di pasar mata uang lagi setelah yen melemah menjadi 151,97 per dolar pekan lalu. Angka tersebut terlemah sejak 1990. Mata uang Jepang juga diuntungkan dari pembelian aset aman (safe-haven) setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam pertemuan kabinet keamanan bahwa negaranya akan beroperasi melawan Iran dan proksinya.