Logo Bloomberg Technoz

Toko Jual Kaus Kaki Lafaz Allah di Malaysia Dilempar Bom Molotov

News
05 April 2024 08:00

Ilustrasi bendera Malaysia (Foto: Bloomberg)
Ilustrasi bendera Malaysia (Foto: Bloomberg)

Kok Leong Chan dan Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg, Tiga gerai KK Super Mart di Malaysia diserang dengan bom molotov menyusul seruan boikot terhadap jaringan minimarket itu, karena menjual kaus kaki bertuliskan "Allah".

Hal tersebut mendorong Partai Aksi Demokratik (DAP) yang sekuler, mitra kunci dalam koalisi Anwar, untuk menyerukan harmoni di negara Asia Tenggara tersebut.

Polisi mengatakan mereka telah meningkatkan patroli di sekitar semua outlet KK Super Mart setelah serangan tersebut. Namun, peristiwa itu menggarisbawahi keseimbangan rumit yang harus dijaga Perdana Menteri Anwar Ibraham antara tidak ingin mengecewakan mayoritas Muslim di negara itu dan mempertahankan dukungan dari sekutu politik utama yang membantu pemerintahannya.

"Ini adalah sebuah kemunduran dalam pelanggaran hukum yang tidak ingin kita lihat," kata Helen Ting Mu Hung, seorang profesor ilmu politik di Universitas Nasional Malaysia. "Penanganan yang tidak tepat atas insiden yang dipublikasikan secara luas dan sensitif seperti ini dapat memiliki dampak politik jangka panjang."