Logo Bloomberg Technoz

Ueda Sebut Ada Potensi Target Inflasi BoJ Tercapai Lebih Cepat

News
05 April 2024 09:10

Gubernur Bank of Japan, Kazuo Ueda. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank of Japan, Kazuo Ueda. (Dok: Bloomberg)

Toru Fujioka - Bloomberg News - 

Bloomberg, Gubernur bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ), Kazua Ueda mengatakan ia melihat ada potensi pencapaian target inflasi yang terus meningkat di antara musim panas dan musim gugur, berdasarkan laporan surat kabar Asahi.

Dalam wawancara media pertama setelah BoJ menaikkan suku bunga untuk pertama kali sejak 2007 pada Maret lalu, Ueda mengatakan kemungkinan pencapaian target tersebut akan meningkat karena hasil pembicaraan upah musim semi secara bertahap tercermin dalam inflasi. 

Komentar tersebut memperlihatkan bahwa BoJ ingin mengonfirmasi penyebaran kenaikan upah dan dampaknya terhadap harga jasa sebelum menaikkan suku bunga lagi. Ueda juga menegaskan kembali pandangannya bahwa bank akan merespons pergerakan nilai tukar mata uang asing jika hal tersebut berdampak pada siklus baik upah dan pertumbuhan harga yang ditargetkan oleh bank dengan cara yang tidak dapat diabaikan.

Setelah BoJ mengakhiri suku bunga negatif terakhir di dunia pada tanggal 19 Maret, nilai yen terus melemah. Sejak itu, para pejabat meningkatkan peringatan mereka mengenai kemungkinan intervensi mata uang. Yen turun ke level terendah sejak tahun 1990 pada minggu lalu.

Ueda mengatakan dalam wawancara yang sama bahwa ia mengakhiri program pelonggaran moneter skala besar BoJ karena kepastian untuk mencapai siklus yang baik telah meningkat menjadi 75% dan jika mencapai 80% atau 85%, hal itu akan menjadi faktor untuk menaikkan suku bunga lagi. BOJ menetapkan suku bunga acuannya dalam kisaran antara 0% dan 0,1%.

Rengo, federasi serikat pekerja terbesar di Jepang, telah melaporkan kenaikan upah terbesar sejak tahun 1991 dalam negosiasi gaji tahunan. Kenaikan tersebut diperkirakan akan tercermin dalam upah dari awal tahun fiskal bulan ini hingga musim panas.