Logo Bloomberg Technoz

4 Ribu EV Berpotensi Dipakai Mudik, PLN Tambah 175 SPKLU di Tol

Dovana Hasiana
04 April 2024 18:40

Pengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg
Pengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan mitra telah menambah 175 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa (JTTJ) dan Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS), sehingga kini total SPKLU sebanyak 239 di area tersebut.

Dengan demikian, total SPKU PLN dan mitra yang terdaftar setelah penambahan unit adalah 1.299 unit yang tersebar di titik rest area jalan tol dan non-rest area di seluruh Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) atau electric vehicle (EV) roda empat yang mengaspal di jalur mudik.

Terlebih, Kementerian Perhubungan memproyeksikan bahwa 18% dari total 23.238 unit EV di Indonesia, yakni 4.000 unit, berpotensi digunakan untuk perjalanan mudik pada Idulfitri 1445H/Lebaran 2024.

“PT PLN dan mitra telah menambah sekitar 175 SPKLU di rest area sepanjang tol Trans-Jawa dan Sumatra, sehingga kini total SPKLU sebanyak 239 di area tersebut. Selain itu, PLN telah menyiapkan tiga SPKLU mobile yang siap melayani pengguna KLBB roda empat di jalur mudik utama,” ujar Rachmat dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).