Logo Bloomberg Technoz

Mobil EV Kian Laris, PLN Siapkan 1.124 SPKLU Saat Lebaran 2024

Dovana Hasiana
01 April 2024 17:40

Bengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Michaela Nagyidaiova
Bengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Michaela Nagyidaiova

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT PLN (Persero) mengatakan terdapat 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang akan disiagakan dan tersebar di seluruh Indonesia selama masa mudik Lebaran 2024/Idulfitri 1445 H. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan perseroan telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua. Adapun, Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) dan Jalan Tol Trans-Jawa (JTTJ) akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.

"PLN telah memetakan secara cermat terkait dengan sebaran SPKLU tersebut. Seperti di tol Trans-Sumatra dan Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 kilometer. Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendaraan listrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," jelas Darmawan dalam siaran pers, dikutip Senin (1/4/2024).

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit. Bahkan, khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans-Sumatra dan Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU." 

Darmawan menambahkan, selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan berjaga (standby) selama 24 jam di SPKLU tersebar.