Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting GT Kalikangkung yang Jadi Titik Macet Mudik

Redaksi
04 April 2024 06:00

Gerbang Tol Kalikangkung./dok. JasaMarga
Gerbang Tol Kalikangkung./dok. JasaMarga

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polri memastikan sejumlah skenario penguraian macet yang potensial terjadi di gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kemungkinan volume kendaraan tahun ini di Kalikangkung meningkat 4% dibanding tahun lalu. Berikut skenario gerbang tol Kalikangkung yang perlu diketahui pemudik.

"Jumlah pemudik diprediksi naik 56%. Kami melihat ada potensi kenaikan 4% di gerbang tol Kalikangkung," ujar Kapolri usai meninjau kesiapan mudik di Gerbang Tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/4) sore.

“Sehingga ini membutuhkan perhatian khusus, ada tiga hal yang menjadi perhatian kita. Pertama bagaimana agar kemacetan bisa diurai dengan baik,” kata Sigit.

Salah satu langkah yang telah disiapkan pihak kepolisian, kata dia, salah satunya dengan menambah beberapa pintu exit tol. Selain itu, ia mengatakan pada titik-titik exit tol tersebut nantinya juga akan disiapkan petugas tambahan dengan mesin card reader untuk mempercepat arus lalu lintas.