Logo Bloomberg Technoz

Bank Rakuten Incar Dana Rp 13 T dari IPO di Bursa Tokyo

News
22 March 2023 15:05

Rakuten (Bloomberg)
Rakuten (Bloomberg)

Filipe Pacheco dan Mayumi Negishi

Bloomberg- Bank digital raksasa asal Jepang, Rakuten Bank Ltd, berencana melakukan penawaran saham perdana (IPO) dengan target pencapaian dana hingga ¥116,6 miliar atau setara Rp13 triliun. Ini akan menjadi IPO terbesar pasca penawaran perdana saham SoftBank pada 2018 lalu.

Anak usaha dari raksasa digital Rakuten Group Inc. itu telah menetapkan rentang indikasi harga ¥1,630 hingga ¥1,960 per lembar saham pada Rabu (22/3/2023). Saham tersebut akan terdaftar di Bursa Efek Tokyo pada 21 April, menurut sebuah pernyataan.

Hampir 60 juta saham akan ditawarkan dalam IPO nanti, di mana dari total tersebut sebanyak 16% merupakan milik pemberi pinjaman dan 84% milik induk usaha, Rakuten Group. Penawaran tersebut dapat ditingkatkan dengan opsi penjatahan berlebih sekitar 4,4 juta saham, menurut ketentuan kesepakatan yang diperoleh Bloomberg News.

Rencana Rakuten Bank untuk melantai di bursa merupakan bagian dari rencana strategis grup untuk memperluas layanan keuangan. Persaingan ketat dengan Amazon.com Inc. telah menekan pendapatan Rakuten di bisnis e-commerce, yang selama ini merupakan bisnis intinya. Sementara itu promosi agresif untuk unit selulernya juga dinilai membebani perusahaan dengan kerugian.