Logo Bloomberg Technoz

Dengan demikian, Komisi VI DPR bisa mengusulkan peran yang bisa dilakukan TINS usai adanya kasus korupsi tersebut. “Jadi kami perlu tau juga apa nanti peran PT Timah pascakabut masalah ini. Perlu kita dalami dalam Panja.”

Upaya Internal

Kedua, Martin melanjutkan, penjelasan mengenai upaya internal TINS untuk mengontrol dan mencegah terjadinya kasus korupsi. Dalam kaitan itu, Ahmad perlu menjelaskan aspek good corporate governance (GCG) milik perseroan.

Dengan demikian, perbaikan terhadap GCG bisa dilakukan bila TINS memberikan dan gambaran mengenai upaya kontrol yang dilakukan perseroan.

Namun, pembahasan tidak hanya berkutat pada kedua topik pembahasan tersebut, sebab anggota Komisi VI lainnya memiliki usulan mengenai topik pembahasan dalam rapat Panja mengenai korupsi TINS.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan pengusaha Harvey Moeis sebagai tersangka korupsi tata niaga komoditas PT Timah Tbk (TINS). Harvey Moeis diketahui publik merupakan suami dari artis Sandra Dewi.

Penetapan Harvey Moeis sebagai tersangka hanya berselang sehari setelah sebelumnya Kejagung juga menetapkan tersangka atas Crazy Rich PIK, Helena Liem pada kasus yang sama.

"Setelah terkumpul alat bukti, kita tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu tersangka HM (Harvey Moeis)," ujar Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi, dalam konferensi pers di Kantor Kejaksaan Agung RI, Rabu (27/3/2024).

Infografis Harvey Moeis & Helena Lim, Ini 16 Tersangka Kasus Korupsi Timah (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

(dov/wdh)

No more pages