Logo Bloomberg Technoz

Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK, Ini Pesan Sri Mulyani

Redaksi
30 March 2024 07:30

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Opening Speech The 10th ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (Youtube)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Opening Speech The 10th ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama dengan rekan-rekan Menteri Kabinet Indonesia Maju menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2023 Unaudited dan Entry Meeting Pemeriksaan LKPP Tahun 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Penyerahan dokumen yang merupakan bagian dari pertanggungjawaban dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) ini dilakukan di Kantor Pusat BPK, Kamis (28/3/2024) lalu.

Sri Mulyani mengatakan tahun 2023 merupakan tahun yang diwarnai dengan berbagai dinamika global. Mulai dari ketegangan geopolitik, perlemahan ekonomi global, hingga fenomena suku bunga tinggi dalam jangka waktu lama atau biasa disebut dengan istilah higher for longer. Selain itu, inflasi yang tinggi, perubahan iklim, dan disrupsi teknologi digital juga mewarnai dinamika global.

"Seluruh faktor ini memberikan dampak signifikan terhadap kinerja APBN dan perekonomian Indonesia,” ujar Sri Mulyani dikutip dari akun instagram resmi miliknya, Sabtu (30/3/2024).

Pada kunjungan itu, Sri Mulyani memaparkan kinerja APBN secara keseluruhan sepanjang tahun lalu, terutama terkait penerimaan negara. Dia mengklaim kinerja ini menunjukan aktivitas perekonomian Indonesia tetap terjaga di tengah ketidakpastian global dan efektivitas dari reformasi perpajakan terus ditingkatkan.