Logo Bloomberg Technoz

Kilang Tuban Masuk Persiapan Konstruksi, Meski Masih Di-PHP Rusia

Dovana Hasiana
28 March 2024 12:00

Kompleks Kilang Vadinar dioperasikan oleh Nayare Energy Ltd., dimiliki bersama oleh Rosneft Oil Co. dan Trafigura Group Pte.(Dhiraj Singh/Bloomberg)
Kompleks Kilang Vadinar dioperasikan oleh Nayare Energy Ltd., dimiliki bersama oleh Rosneft Oil Co. dan Trafigura Group Pte.(Dhiraj Singh/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menegaskan tengah dalam proses persiapan pemilihan pelaksana pekerjaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi atau engineering, procurement and construction (EPC) di area proyek strategis nasional (PSN) Gras Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban yang berlokasi di Jawa Timur.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan langkah ini dilakukan seiring dengan persiapan dokumen keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID) oleh Rosneft Singapore Pte Ltd dalam proyek tersebut.

“Masih, sampai sekarang masih bermitra dengan Rosneft. Sekarang di area Tuban masih proses persiapan dokumen FID, paralel juga sedang dalam proses persiapan pemilihan pelaksana pekerjaan EPC di area Tuban untuk fase konstruksi,” ujar Fadjar kepada Bloomberg Technoz, Rabu (28/3/2024) petang.

Dengan demikian, Pertamina kembali menegaskan hingga saat ini masih bermitra dan menggandeng raksasa migas asal Rusia itu untuk pelaksanaan proyek GRR Tuban.

Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft

Tak Takut Dimusuhi