Logo Bloomberg Technoz

Di-PHP Rusia, Pertamina Kukuh Pertahankan Rosneft di Kilang Tuban

Dovana Hasiana
20 March 2024 12:20

Seorang pekerja mengenakan jaket keselamatan bermerek saat bekerja di anjungan pengeboran yang dioperasikan oleh Rosneft PJSC/Bloomberg-Andrey Rudakov
Seorang pekerja mengenakan jaket keselamatan bermerek saat bekerja di anjungan pengeboran yang dioperasikan oleh Rosneft PJSC/Bloomberg-Andrey Rudakov

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) memastikan keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID) Rosneft Singapore Pte Ltd di proyek strategis nasional (PSN) Gras Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban yang berlokasi di Jawa Timur masih dalam proses.

Corporate Secretary PT KPI Hermansyah C. Nasroen enggan menjelaskan apakah FID bakal tetap diumumkan pada Maret tahun ini, sesuai dengan target awal yang sebelumnya ditetapkan.

“FID belum selesai, masih berproses. Ditunggu saja ya [untuk pengumuman FID-nya],” ujar Hermansyah saat dihubungi Bloomberg Technoz, Rabu (20/3/2024).

Namun, Hermansyah memastikan bahwa PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP), sebagai anak usaha dari PT KPI, saat ini masih bersama dengan raksasa migas asal Rusia itu untuk pelaksanaan proyek GRR Tuban.

Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft

Dalam proyek itu, KPI, sebagai Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) pada awalnya direncanakan bakal bekerja sama dengan perusahaan asal Rusia, Rosneft Singapore Pte Ltd.