Logo Bloomberg Technoz

Mitratel (MTEL) Siapkan Rp5,6 T untuk Fiber Optik & Akuisisi

Sultan Ibnu Affan
26 March 2024 07:36

Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel (MTEL) telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp5,6 triliun tahun ini.

VP Investor Relation MTEL Andi Setiawan mengatakan, penggunaan capex tersebut akan dilakukan untuk rencana ekspansi bisnis perseroan, yakni penambahan fiber optik dan penguatan menara dan juga kemungkinan untuk akuisisi.

"Dengan alokasi itu, kami berharap bisa menambah tenant sekitar 4.000 di tahun ini. Kemudian, fiber optic, sebagai bisnis baru, kita akan terus kembangkan, semoga tahun ini bisa menambah hingga 10.000 kilometer (km)," ujar Andri di Jakarta, Senin (26/4/2024).

Andri memperkirakan bahwa kebutuhan untuk ekspansi bisnis organik tersebut setidaknya akan menghabiskan  capex lebih dari Rp3 triliun.

Secara rinci, dia memperkirakan bahwa dengan penambahan tenant sebanyak 4.000 itu, dibutuhkan modal setidaknya mencapai Rp1 triliun. Kemudian, ada penguatan dan penambahan tenant atau tower yang juga diperkirakan memakan biaya hingga Rp800 miliar.