Logo Bloomberg Technoz

Pendapatan Naik Tipis Menahun, Begini Penjelasan TLKM

Sultan Ibnu Affan
26 March 2024 07:27

layanan telekomunikasi dari menara Telkom. (dok perusahaan)
layanan telekomunikasi dari menara Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau (TLKM) menjelaskan ihwal kinerja keuangan konsolidasian perseroan yang dalam beberapa tahun kemarin hanya mampu tumbuh di bawah 5%.

Hal itu berbanding terbalik dengan catatan laba bersih yang cukup memperoleh kinerja positif dan mengalami kenaikan signifikan.

VP Corporate Communication TLKM, Andri Herawan Sasoko menilai bahwa lesunya perolehan pendapatan konsolidasian tersebut imbas kian tertekannya bisnis sektor telekomunikasi di Tanah Air seiring dengan ketatnya persaingan.

"Karena kami sekarang ini kompetisinya tidak hanya sesama industri telekomunikasi, tapi perusahaan-perusahaan digital itu sekarang makin banyak," ujarnya di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Sekadar catatan, pada 2023, TLKM mencatatkan pendapatan konsolidasian sebesar Rp149,22 triliun, atau hanya naik 1,29% dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian pada 2022, perusahaan juga membukukan pendapatan konsolidasian Rp147,31 triliun, yang hanya tumbuh 2,86%.