Logo Bloomberg Technoz

Sebaran Lokasi Harta Karun Nikel di RI, Totalnya 17,6 Miliar Ton

Dovana Hasiana
25 March 2024 12:20

Timbunan bijih nikel mentah di area laydown PT Sulawesi Resources di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah./Bloomberg-Dimas Ardian
Timbunan bijih nikel mentah di area laydown PT Sulawesi Resources di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia tercatat sebagai produsen nikel nomor wahid, dengan kontribusi lebih dari separuh produksi dunia. Namun, di mana saja basis harta karun mineral logam dengan nama unsur kimia Ni tersebut?

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sumber daya bijih nikel Indonesia mencapai 17,6 miliar ton per 2022, sedangkan cadangan bijihnya 5,2 miliar ton.

Adapun, Sulawesi menjadi pulau dengan jumlah sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di seluruh Indonesia, yakni berkontribusi sebesar 60,1%. Perinciannya, sumber daya dan cadangan bijih nikel di Sulawesi masing-masing mencapai 10,6 miliar ton dan 3,4 miliar ton.

Maluku menjadi pulau kedua terbesar dengan sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di Indonesia, yakni masing-masing sebesar 6,1 miliar ton dan 1,7 miliar ton. 

Ilustrasi tambang nikel di Morowali Sulawesi Tengah (Dimas Ardian/Bloomberg)


Pada posisi ketiga, terdapat Papua dengan sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di Indonesia, yakni masing-masing sebesar 840,5 juta ton dan 86 juta ton.