Logo Bloomberg Technoz

Usai Hasil Pemilu 2024, Nasdem & PPP Batal Ajukan Hak Angket?

Mis Fransiska Dewi
21 March 2024 14:00

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh belum juga memastikan partainya akan ikut dalam proses pengajuan hak angket Pemilu 2024 di DPR. Dia bahkan memberi isyarat tak akan ikut dengan berdalih masih menunggu partai-partai lain yang jumlah kursinya lebih banyak.

“Kita lihat ini sejauh mana progresnya berjalan," kata Surya Paloh di Kantor Nasdem, Rabu (20/3/2024). "Lihat-lihat dulu pada partai yang mendapatkan suara dan kursi paling banyak."

Hal ini semakin menegaskan posisi Nasdem yang tidak serius dan punya dasar yang kuat terhadap rencana Hak Angket Pemilu 2024. Partai ini hanya akan ikut jumlah mayoritas pendukung atau penolak hak angket.

Padahal, Surya Paloh dan Nasdem kerap mengumbar tentang semangat koalisi perubahan yang kerap menuding terjadinya kecurangan masif pada kontestasi politik tahun ini. Akan tetapi, mereka justru tak setegas rekan koalisinya, PKS yang sudah memastikan akan ikut mendukung hak angket.

“Ini perlu kita pikirkan bersama. Karena apa? demokrasi yang ada pada saat ini tidak lagi mengedepankan azas musyawarah dan mufakat, tapi suara terbanyak. Ketika kita berhadapan pemilihan suara terbanyak, kita harus pikir dulu, kita sudah banyak suara belum,” ujar dia. 

Pertemuan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Partai NasDem-PKS-PKB (Dok PKB)