Logo Bloomberg Technoz

JK Sebut Koalisi Anies-Muhaimin Solid Usung Hak Angket DPR

Redaksi
10 March 2024 12:00

Anies Baswedan bertemu dengan Jusuf Kalla di Bone (Timnas Amin)
Anies Baswedan bertemu dengan Jusuf Kalla di Bone (Timnas Amin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla mengklaim, seluruh partai politik pengusung pasangan calon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar solid untuk tetap mengajukan hak angket di DPR. Hal ini disampaikan sebagai tanggapan isu mundurnya Partai Nasdem dari rencana hak angket.

"Saya kira ini hanya berbeda cara saja setiap partai," kata Jusuf Kalla atau JK dalam acara Kompas TV, Sabtu (9/3/2024).

Dia mengklaim sudah berbicara langsung dengan pengurus Partai Nasdem usai Surya Paloh bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir pekan Pemilu 2024. Dia juga menanyakan keputusan Partai Nasdem hanya diam saat partai lain menyuarakan hak angket pada Sidang Paripurna, Selasa lalu. 

"Saya cek ke nasdem, ada apa?" kata JK.
 
Menurut dia, Nasdem memastikan posisinya untuk mengusung hak angket bersama dua rekan koalisi lainnya yaitu PKB dan PKS. Nasdem pun membantah baru akan mengajukan hak angket jika dapat kepastian dari PDIP.

Jokowi dan Surya Paloh (Instagram/suryapaloh.id)

JK mengatakan, Nasdem belum mengungkap posisinya secara gamblang karena menunggu hasil penetapan rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Toh, partai besutan Surya Paloh tersebut menilai hak angket baru dapat pondasi dari hasil rekapitulasi.