Logo Bloomberg Technoz

Uni Eropa Dukung Sanksi Baru terhadap Rusia Atas Kematian Navalny

News
19 March 2024 08:00

Alexei Navalny. (Sumber: Bloomberg)
Alexei Navalny. (Sumber: Bloomberg)

Alberto Nardelli - Bloomberg News

Bloomberg, Para menteri luar negeri Uni Eropa menyepakati sanksi baru terkait kematian pemimpin oposisi Rusia, Alexey Navalny, di sebuah penjara di Kutub Utara bulan lalu.

Para menteri menyetujui paket tersebut dalam sebuah pertemuan di Brussels, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan kepada wartawan pada Senin. Langkah-langkah pembatasan tersebut mencakup sekitar 30 orang dan dua entitas, menurut draf proposal sebelumnya yang dilihat oleh Bloomberg.

Keputusan ini muncul setelah Vladimir Putin dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden yang hasilnya telah ditentukan sebelumnya. Putin memperpanjang kekuasaannya selama seperempat abad setelah memenangkan 87,3% suara tanpa ada penantang yang serius dalam pemilihan tersebut.

Di antara daftar yang diusulkan adalah beberapa penjara dan pejabat pemerintah dan hakim, serta koloni penjara IK-3 dan IK-6, menurut draf tersebut. Uni Eropa menyetujui sebuah paket sanksi sederhana bulan lalu yang ditujukan untuk Moskow, yang ke-13 sejak Rusia menginvasi Ukraina. Langkah-langkah tersebut difokuskan pada penegakan pembatasan yang ada.