Logo Bloomberg Technoz

Makin Panas, Taliban Balas Serangan Pakistan di Afghanistan

News
19 March 2024 04:00

Ilustrasi Taliban. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Taliban. (Sumber: Bloomberg)

Eltaf Najafizada - Bloomberg News

Bloomberg,  Pasukan Afghanistan menargetkan pos-pos militer Pakistan di sepanjang perbatasan, sebagai pembalasan atas serangan udara yang menewaskan delapan orang. Ini menjadi serangan balik pertama yang diketahui dari Taliban sejak mereka mengambil alih kekuasaan lebih dari dua tahun lalu.

"Tentara Nasional Islam Afghanistan" merespons Pakistan dengan menargetkan pos-pos militer di sepanjang perbatasan dengan "senjata berat," kata Kementerian Pertahanan yang dikuasai Taliban dalam sebuah unggahan di X. "Pasukan pertahanan dan keamanan siap untuk menanggapi setiap tindakan agresif."

Langkah tersebut menyusul serangan udara militer Pakistan di Afghanistan timur pada Senin (18/03/2024) dini hari, yang menewaskan lima perempuan dan tiga anak-anak. Taliban menyebut serangan itu sebagai pelanggaran kedaulatan Afghanistan, dan memperingatkan akan adanya konsekuensi serius.

Ketegangan antara kedua negara meningkat sejak Taliban berkuasa pada 2021. Islamabad berulang kali mengklaim bahwa Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) telah mengancam untuk menggulingkan pemerintah dan berlindung di Afghanistan. Kabul membantah tuduhan tersebut.