Logo Bloomberg Technoz

Apakah Vaksin Covid Timbulkan Efek Samping? ini Studi Terbarunnya

News
18 March 2024 12:40

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg

Jason Gale—Bloomberg News

Bloomberg, Sepanjang pandemi Covid-19 menyerang dunia, terdapat pula risiko efek samping atas vaksin atau obat yang diproduksi banyak perusahaan farmasi. Sebagian besar terbukti mengalami efek samping ringan, seperti nyeri otot, demam, lengan sakit, dan menggigil.

Efek samping ini membuktikan  keamanan dan kemanjuran vaksin Covid di antara puluhan ribu orang. Setelah jutaan orang diimunisasi, komplikasi - terkadang mematikan - muncul, meskipun hal ini terbukti jarang terjadi, seperti yang dikonfirmasi oleh studi keamanan vaksin global terbesar hingga saat ini.

Dalam jurnal vaksin tercatat terdapat lebih dari 13,5 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan ke masyarakat di seluruh dunia, yang terbit bulan lalu. Vaksin dimulai pada akhir 2020 dan telah menyelamatkan jutaan nyawa dan mencegah lebih banyak lagi kasus penyakit parah dan gejala yang menetap setelah infeksi SARS-CoV-2.

Manfaat dari sebuah jab telah terbukti jauh lebih besar daripada risikonya. Namun, masalah keamanan yang masih ada telah mendorong beberapa orang untuk menolak suntikan yang menyelamatkan nyawa.