Logo Bloomberg Technoz

Menkeu AS: Suku Bunga Tak Mungkin Kembali ke Level Sebelum Covid

News
14 March 2024 06:40

Janet Yellen (Dok: Bloomberg)
Janet Yellen (Dok: Bloomberg)

Viktoria Dendrinou dan Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan "tidak mungkin" suku bunga pasar akan kembali ke level yang berlaku sebelum pandemi Covid-19, yang memicu gelombang inflasi dan imbal hasil yang lebih tinggi.

Ditanya mengapa proyeksi Gedung Putih yang dirilis Senin (11/03/2024) menunjukkan ekspektasi yang jauh lebih tinggi untuk suku bunga di tahun-tahun mendatang dibandingkan dengan proyeksi setahun lalu, Yellen mengatakan angka-angka baru itu sejalan dengan perkiraan sektor swasta.

"Menurut saya ini mencerminkan realitas pasar saat ini dan perkiraan yang kita lihat di sektor swasta - tampaknya tidak mungkin imbal hasil akan kembali serendah sebelum pandemi," kata Yellen kepada wartawan pada Rabu di Elizabethtown, Kentucky.

Imbal hasil pada obligasi Treasury AS 10 tahun rata-rata sebesar 2,39% dalam satu dekade hingga 2019 - terendah menurut standar historis. Angka ini melonjak di atas 5% pada Oktober lalu setelah bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga secara agresif untuk memerangi inflasi, dan sekarang berada tepat di bawah 4,2%.