Logo Bloomberg Technoz

Penggumpalan darah yang tidak biasa adalah salah satu reaksi merugikan serius pertama yang terdeteksi setelah pengenalan vaksin Covid pada akhir 2020.

Reaksi ini lebih sering terjadi setelah imunisasi dengan vaksin vektor virus seperti yang dibuat oleh Johnson & Johnson dan vaksin lain yang dibuat oleh University of Oxford dan AstraZeneca Plc (telah diproduksi juga oleh Serum Institute of India).

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dok: Bloomberg)

Suatu jenis pembekuan darah di otak, yang disebut trombosis sinus vena serebral, dikaitkan dengan 3,2 kali lebih banyak kasus daripada yang diperkirakan setelah suntikan awal Oxford/Astra. Risiko ini menyebabkan penarikan atau pembatasan vaksin di Denmark, Norwegia, dan negara-negara lain pada tahun 2021. 

Komplikasi lain yang terkait dengan vaksin vektor virus terjadi, ketika gumpalan darah terbentuk di pembuluh darah besar, sementara, secara paradoks, orang-orang memiliki kadar trombosit yang rendah, yang membantu membentuk gumpalan darah.

Kondisi ini — disebut trombosis dengan sindrom trombositopenia, atau TTS — terjadi pada sekitar empat kasus per sejuta dosis vaksin J&J, menurut data pemerintah AS, dan paling sering terjadi pada perempuan berusia 30-49 tahun.

Pejabat kesehatan AS merekomendasikan pada tahun 2021 agar masyarakat menerima vaksin messenger RNA yang dibuat oleh kemitraan Pfizer In — BioNTech SE atau oleh Moderna Inc daripada J&J. Vaksin ini tidak lagi tersedia di negara tersebut. 

Komplikasi ini terjadi pada sekitar dua hingga tiga 3 orang per 100.000 orang yang divaksinasi dengan vaksin Oxford atau Astra di Australia, di mana vaksin ini sudah tidak tersedia lagi sejak Maret 2023.

Inflamasi Jantung

Dua jenis peradangan jantung telah dikaitkan dengan vaksin Covid: satu yang melibatkan otot jantung, disebut miokarditis, dan satu lagi memengaruhi selaput di sekitar jantung, yang disebut perikarditis.Vaksin Covid dikaitkan dengan 18,2 kasus per satu juta dosis, menurut analisis besar terhadap hampir dua lusin penelitian yang melibatkan 405 juta vaksinasi. 

Namun, vaksin non-Covid dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi, rata-rata 56 kasus per juta dosis.

Terdapat 28 rawat inap dan kunjungan ke ruang gawat darurat untuk dua jenis radang jantung untuk setiap 1 juta dosis kedua vaksin messenger RNA yang dibuat oleh Pfizer/BioNTech dan 53 per sejuta dosis vaksin yang dibuat oleh Moderna, menurut sebuah penelitian di Kanada. Namun, hasil yang sama jauh lebih umum terjadi pada penderita Covid: 194 per juta.

39 juta orang yang divaksinasi di Inggris memperkirakan bahwa untuk setiap satu  juta dosis pertama vaksin Moderna. (Dok: Bloomberg)

Sebuah studi para tahun 2021, terhadap hampir 39 juta orang yang divaksinasi di Inggris memperkirakan bahwa untuk setiap satu  juta dosis pertama vaksin Moderna, tambahan enam rawat inap atau kematian akibat miokarditis diperkirakan akan terjadi dalam waktu 28 hari.

Hal ini dibandingkan dengan dua kematian miokarditis tambahan yang terkait dengan vaksinasi Oxford/Astra, satu untuk Pfizer dan BioNTech, dan 10 untuk setiap satu juta orang yang mendapatkan dosis kedua vaksin Moderna.

Sekali lagi, risiko rawat inap tambahan atau kematian dalam 28 hari setelah diagnosis Covid jauh lebih tinggi, yaitu 40 per juta.  

Miokarditis biasanya muncul beberapa hari setelah vaksinasi. Anak laki-laki dengan usia 12–17 tahun memiliki risiko tertinggi, sebuah penelitian menemukan, tetapi bahkan pada kelompok ini, miokarditis  dua hingga enam  kali lebih mungkin terjadi setelah Covid daripada imunisasi.

Sebagian besar kasus miokarditis terkait vaksin memiliki tingkat keparahan ringan hingga sedang. Sebuah studi pada tahun 2022 menemukan hampir semua pasien dirawat di rumah sakit, tetapi gejalanya sembuh pada sebagian besar kasus, saat keluar dari rumah sakit, biasanya setelah beberapa hari.

Studi terpisah menemukan bahwa 81% telah pulih dan lebih dari dua pertiga diperbolehkan melakukan aktivitas fisik setelah tiga bulan.

Perikarditis pasca-vaksinasi lebih sering terjadi pada pria sehat yang berusia di bawah 40 tahun. Sebagian besar kasus tidak memerlukan rawat inap dan biasanya sembuh dengan cepat dan lengkap.

Produsen merekomendasikan pemberian vaksin mRNA dosis kedua tiga hingga empat  minggu setelah dosis pertama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa memperpanjang interval hingga 7-8 minggu dapat menurunkan insiden peradangan jantung dengan sedikit pengurangan efektivitas vaksin.

Amerika Serikat sekarang merekomendasikan interval delapan minggu antara dosis Moderna untuk beberapa remaja dan orang dewasa, terutama laki-laki berusia 12-39 tahun.

Beberapa negara kemudian merekomendasikan untuk menunggu 6-12 minggu untuk vaksinasi mRNA kedua dan/atau menggunakan suntikan Pfizer/BioNTech alih-alih suntikan Moderna pada laki-laki dan/atau orang di bawah 31 tahun.

Dok: Bloomberg


Vaksinasi penguat, seperti suntikan dengan target varian virus XBB.1.5, tidak menimbulkan risiko peradangan jantung selain yang terkait dengan formulasi vaksin yang lebih lama, demikian hasil penelitian dari Australia dan Denmark.

Risiko Neurologis

Sindrom Guillain-Barre (Guillain-Barre Syndrome/GBS) terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang saraf perifer. Hal yang menyebabkan kelemahan otot dan terkadang kelumpuhan. GBS terlihat 2,5 kali lebih sering daripada yang diperkirakan setelah vaksin Oxford/Astra, menurut sebuah studi tahun 2021, dan paling sering terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas.

Angka yang diamati dalam waktu enam minggu setelah menerima suntikan J&J dosis tunggal adalah 11 kali lebih tinggi daripada setelah suntikan mRNA Pfizer atau Moderna, yang tidak memiliki peningkatan risiko, menurut US Centers for Disease Control and Prevention.

Vaksin J&J juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kejang yang kecil pada studi tahun 2022. Studi yang sama menemukan bahwa tingkat komplikasi neurologis setelah kasus Covid mencapai 617 kali lebih tinggi daripada setelah vaksinasi.

Peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang yang dikenal sebagai disseminated encephalomyelitis akut diamati 3,8 kali lebih sering daripada yang diharapkan setelah suntikan pertama vaksin Moderna, dan 2,2 kali lebih sering daripada yang diharapkan setelah dosis pertama Oxford/Astra.

Dok: Bloomberg

Anaphylaxis

Ini merupakan kondisi alergi yang parah namun dapat diobati. Terjadi pada kasus-kasus yang jarang terjadi pada berbagai jenis vaksin.

Kasus komplikasi ini terjadi pada tingkat 5 per sejuta dosis untuk suntikan Pfizer/BioNTech dan Moderna, menurut analisis CDC, hampir semuanya adalah perempuan dengan usia rata-rata sekitar 40 tahun.

Tiga perempat penderita pernah mengalami alergi atau reaksi alergi di masa lalu, dan hampir satu dari tiga orang pernah mengalami anafilaksis.

Pejabat kesehatan Inggris merekomendasikan agar orang-orang dengan riwayat reaksi alergi yang signifikan menghindari vaksin Pfizer/BioNTech.

Anafilaksis dapat diatasi dengan cepat dengan antihistamin dan penyuntik adrenalin, seperti Epi-Pen dari Mylan NV, yang dapat memperlambat atau menghentikan reaksi kekebalan tubuh, dan petugas kesehatan yang memberikan vaksin harus selalu menyediakan obat-obatan tersebut.

Kematian

Dengan miliaran dosis vaksin Covid yang diberikan, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang dapat meninggal segera setelah mereka menerima imunisasi; pertanyaannya adalah, apakah vaksin yang menyebabkannya?

Menentukan hal itu bisa sangat sulit, terutama dalam kasus-kasus di mana orang yang meninggal memiliki satu atau lebih penyakit yang mendasari, berusia lanjut, lemah, atau ketiganya.

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, kematian setelah vaksinasi Covid dikaitkan dengan suntikan tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Desember 2021 mengidentifikasi 15 kematian seperti itu. Kasus-kasus ini sangat luar biasa sehingga otoritas pengawas mengatakan bahwa tinjauan data keselamatan tidak menemukan bukti peningkatan kematian terkait vaksinasi Covid pada kelompok usia mana pun. 

Manfaat Vaksin

Vaksinasi Covid diperkirakan telah menyebabkan 20 juta lebih sedikit kematian pada tahun pertama peluncurannya.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Maret 2024 yang membandingkan data kesehatan dari lebih dari 10 juta pasien yang divaksinasi dan lebih dari 10 juta pasien yang tidak divaksinasi di seluruh Inggris, Spanyol, dan Estonia menemukan bahwa vaksinasi mengurangi 24% hingga 58% risiko pembekuan darah yang berbahaya dan gagal jantung pada tahun setelah kasus terobosan Covid. 

Evolusi yang cepat dari varian SARS-CoV-2 mengharuskan vaksinasi booster yang diperbarui. Vaksinasi ini sangat penting terutama bagi orang yang lebih tua dan orang yang mengalami gangguan kekebalan tubuh, yang cenderung tidak memiliki respons kekebalan yang kuat terhadap infeksi

 Lebih dari satu dari enam kasus rawat inap dan kematian di Inggris dapat dihindari selama musim panas 2022 jika semua orang menerima jumlah suntikan Covid yang direkomendasikan, menurut sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2024. 

Kegagalan untuk mengikuti regimen yang direkomendasikan dikaitkan dengan peningkatan risiko Covid yang parah di semua kelompok umur.

Bagi mereka yang berusia di atas 75 tahun, melewatkan satu dosis saja dikaitkan dengan peluang 2,7 kali lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit atau meninggal; melewatkan tiga suntikan yang direkomendasikan menyebabkan risiko 3,6 kali lebih besar.

(bbn)

No more pages