Logo Bloomberg Technoz

Titian Politik Gibran: 5 Tahun Berpolitik, Jadi Wapres Termuda RI

Muhammad Fikri
21 March 2024 07:00

Cawapres no urut 02, Gibran Rakabuming Raka. (Dok: Bloomberg)
Cawapres no urut 02, Gibran Rakabuming Raka. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nama Gibran Rakabuming Raka akan tertulis dalam sejarah Republik Indonesia sebagai Wakil Presiden ke-14. Gibran memiliki catatan spesial, sebagai wakil presiden termuda: 36 tahun. Rekor yang mengalahkan Bung Hatta kala menjabat di usia 43 tahun. 

Catatan lainnya, Gibran juga menjadi wapres pertama yang merupakan anak kandung dari dari presiden menjabat atau incumbent. Situasi yang memunculkan tudingan mengenai politik dinasti.

Bersama Prabowo, Gibran meraih suara tertinggi di Pilpres 2024. Menyingkirkan Anies-Muhaimin dan juga Ganjar-Mahfud. Langkah Gibran menuju orang nomor 2 di Tanah Air boleh dibilang tidak terlalu sulit, terlebih masa berpolitik putera Joko Widodo itu baru lima tahun.

Gibran terjun berpolitik saat menjadi kader PDI Perjuangan tepatnya pada 23 September 2019. Hanya berselang satu purnama, atau tepatnya pada 24 Oktober 2019, Gibran maju sebagai calon wali kota Solo. Dia sowan ke Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

Wali Kota Termuda

Keinginan Gibran menjadi wali kota Solo mulanya ditolak halus FX Hadi Rudyatmo yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Ketua DPC PDIP Solo. Peluang Gibran sempat tertutup karena masa pendaftaran di PDIP yang sudah berakhir.