Logo Bloomberg Technoz

“Dampak dari keputusan Alphabet untuk mengurangi tenaga kerjanya bersifat global,” kata surat itu. “Tidak ada suara pekerja yang dianggap memadai, dan kami tahu bahwa sebagai pekerja kami lebih kuat bersama daripada sendirian.”

Petisi tersebut muncul setelah pengumuman Alphabet pada bulan Januari bahwa mereka akan memangkas sekitar 6% tenaga kerjanya menyusul tekanan investor untuk mengurangi pengeluaran dalam kemerosotan pascapandemi. Meta Platforms Inc., Amazon.com Inc. dan Microsoft Corp. adalah sebagian raksasa teknologi yang memangkas jumlah karyawan dalam beberapa bulan terakhir setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan dan pemulihan.

Kendati demikian, seorang juru bicara Alphabet enggan mengomentari petisi tersebut. Ketika Pichai mengumumkan PHK pada 20 Januari, dia mengatakan dalam email kepada staf bahwa perusahaan mempekerjakan "realitas ekonomi yang berbeda dari yang kita hadapi hari ini" dan bahwa dia mengambil "tanggung jawab penuh".

Meskipun beberapa pekerja Google, khususnya di AS, langsung kehilangan pekerjaan, prosesnya jauh lebih lambat bagi mereka yang berada di negara dengan perlindungan tenaga kerja yang lebih kuat yang umum di Eropa. Karyawan Google di Swiss, misalnya, baru mengetahui pekerja mana yang diberhentikan minggu ini, yang memicu pemogokan pada hari Rabu.

Surat itu diselenggarakan oleh sekelompok karyawan yang didukung oleh serikat pekerja termasuk Serikat Pekerja Alfabet, United Tech and Allied Workers dan UNI Global. Itu lahir dari diskusi melalui saluran Discord yang dibuat setelah PHK diumumkan.

Kelompok buruh telah membantu mengorganisir beberapa petisi terkait PHK di berbagai unit Google dan di berbagai negara yang ada.

Beberapa orang yang melanggar petisi tersebut mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka khawatir bahwa proses konsultasi yang diwajibkan oleh undang-undang di beberapa negara telah menjadi latihan mencentang kotak. Umpan balik dari staf ke manajemen, termasuk hasil survei di mana orang menyatakan minatnya untuk menjadi sukarelawan untuk redundansi atau pengurangan jam kerja, belum diperhitungkan, kata mereka.

Para pekerja berencana untuk mengedarkan petisi tersebut selama beberapa hari lagi sebelum memberikan pemulihan fisiknya kepada Pichai di kantor pusat Google di California.

(bbn)

No more pages