Logo Bloomberg Technoz

Ribuan Karyawan Google Teken Petisi untuk CEO Sundar Pichai

News
18 March 2023 12:58

Chief Executive Officer Google Sundar Pichai (Michael Short/Bloomberg)
Chief Executive Officer Google Sundar Pichai (Michael Short/Bloomberg)

Olivia Solon

Bloomberg - Hampir 1.400 karyawan di induk Google Alphabet Inc. telah menadatangani petisi yang menyerukan perlakuan yang lebih baik terhadap staf selama proses pemutusan hubungan kerja berlangsung. Sebelumnya Google mengumumkan akan memangkas 12.000 pekerjaan.

Dalam surat terbuka yang ditujukan kepada Chief Executive Officer Sundar Pichai, karyawan membuat serangkaian tuntutan perusahaan.

Adapun tuntutan tersebut termasuk Google harus membekukan proses perekrutan karyawan baru, memberikan pilihan mundur sukarela dengan imbalan insentif daripada memecat, memberikan prioritas kepada pekerjaan kepada karyawan yang terkena PHK, dan memberikan kesempatan kepada para pekerja untuk menikmati cuti berbayar, seperti cuti melahirkan dan cuti berkabung.

Para pekerja juga meminta Alphabet untuk menghindari pemecatan karyawan yang berasal dari dari negara-negara konflik atau yang tengah mengalami krisis kemanusiaan, seperti Ukraina, dan memberikan dukungan ekstra kepada mereka yang berisiko kehilangan tempat tinggal akibat berhentinya visa kerja mereka.