Logo Bloomberg Technoz

ESDM Resmi Tahan Tarif Listrik Kuartal II-2024, Seharusnya Naik

Sultan Ibnu Affan
14 March 2024 14:45

Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)
Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memutuskan tarif tenaga lsitrik pada  kuartal II-2024  kembali tidak mengalami penyesuaian alias tetap dari besaran kuartal I.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu mengatakan, penyesuaian tarif listrik pada kuartal II ini semestinya mengalami kenaikan, seiring dengan parameter acuan penyesuaian tarif listrik, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 8/2023.

Berdasarkan aturan itu, tarif listrik dilakukan penyesuaian setiap triwulanan, dengan mengacu pada perubahan terhadap realisasi parameter ekonomi makro, yakni: kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, serta Harga Batubara Acuan (HBA).

Jisman mengatakan, pada saat penentuan tarif, nilai kurs rupiah sebesar Rp15.580,53/US$, Indonesia Crude Price (ICP) di US$77,42/barel, inflasi sebesar 0,28%, dan Harga Batu Bara Acuan (HBA) sebesar US$70/ton sesuai kebijakan DMO Batubara.

"Berdasarkan empat parameter tersebut, seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik atau tariff adjustment bagi pelanggan nonsubsidi mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tarif pada triwulan I 2024," ujarnya dalam siaran resmi, Kamis (14/3/2024).