Logo Bloomberg Technoz

Pertempuran Memanas, Hizbullah Tembakkan Seratus Rudal ke Israel

News
12 March 2024 19:20

Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel (Dok: Bloomberg)
Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel (Dok: Bloomberg)

Omar Tamo - Bloomberg News

Bloomberg, Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel dalam salah satu serangan terberat kelompok yang berbasis di Lebanon itu dalam beberapa bulan terakhir.

Rentetan roket pada Selasa pagi itu merupakan tanggapan atas serangan Israel di kota Baalbek, Lebanon, yang menewaskan satu orang, kata Hizbullah yang didukung Iran dalam sebuah pernyataan.

Pertukaran terbaru ini kemungkinan akan meningkatkan kekhawatiran bahwa perdagangan tembak-menembak yang hampir terjadi setiap hari antara kedua belah pihak dapat meningkat menjadi konflik besar, membuka front baru bagi perang Israel yang sedang berlangsung melawan lawan-lawan Islamis. Hizbullah, salah satu milisi paling kuat di Timur Tengah, dan Hamas sama-sama didukung oleh Teheran dan memiliki tujuan untuk menghancurkan negara Yahudi.

Puluhan ribu warga Israel dan Lebanon telah mengungsi dari rumah mereka akibat pertempuran lintas batas, yang meletus saat Hamas menginvasi Israel selatan pada 7 Oktober lalu, yang memicu perang di Gaza.