Logo Bloomberg Technoz

BKKBN: Keluarga di Aceh Paling Bahagia se-Indonesia

Pramesti Regita Cindy
12 March 2024 18:16

Ilustrasi Keluarga Sehat (Dok. Envato)
Ilustrasi Keluarga Sehat (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K) menyebut hasil indeks keluarga menunjukkan bahwa Provinsi Aceh berada di urutan pertama keluarga paling bahagia di Indonesia.

Kabupaten Bener Meriah tercatat sebagai kabupaten dengan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) tertinggi di Provinsi Banda Aceh yaitu 69,48.

“Kami BKKBN membuat indeks kebahagiaan keluarga, karena BKKBN visinya keluarga berkualitas. Saya apresiasi untuk Aceh. IBangga Aceh 65,38 paling tinggi se Indonesia. Indikatornya tiga yaitu tenteram, mandiri, bahagia," kata dr. Hasto saat kunjungan kerja ke Banda Aceh pada 28-29 Februari 2024, dikutip Selasa (12/3/2024).

Indeks Pembangunan Keluarga merupakan suatu pengukuran kualitas keluarga yang ditujukan melalui ketenteraman, kemandirian, dan kebahagiaan keluarga. Adapun salah satu yang dihasilkan oleh iBangga yakni terpotretnya gambaran serta peran dan fungsi keluarga untuk semua wilayah Indonesia.

Sementara itu, hasil dari indeks ini digunakan untuk mengklasifikasikan status pembangunan keluarga melalui kategori tangguh, berkembang, atau rentan.