Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Prediksi Puncak Mudik H-2 Lebaran  

Dovana Hasiana
12 March 2024 18:30

Ilustrasi Mudik Lebaran. (Dok. Kemenhub)
Ilustrasi Mudik Lebaran. (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan memproyeksikan puncak hari mudik lebaran atau Idulfitri 1445 Hijriah akan terjadi pada H-2 atau Senin, 8 April 2024. Hal ini merujuk pada hasil survei pemerintah tentang potensi pergerakan masyarakat.

Menurut data tersebut, puncak mudik terjadi pada saat sejumlah perkantoran pemerintah dan swasta memulai periode cuti bersama lebaran. Kemenhub memprediksi akan terjadi pergerakan atau mobilitas sebanyak 26,6 juta orang atau 13,7% dari total prediksi angka mudik tahun ini sebanyak 193,6 juta orang. 

"Melihat gambaran kondisi tersebut, kami melakukan langkah persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama Instansi kementerian dan lembaga pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta pihak swasta," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Selasa (12/3/2024). 

Sedangkan perkiraan puncak hari balik lebaran diprediksi akan terjadi pada H+3 atau Minggu, 14 April 2024. Pada periode ini, kemenhub memprediksi akan terjadi pergerakan mencapai 41 juta orang atau sekitar 21,2%.

Total prediksi jumlah pemudik tahun ini meningkat 56,38% dibandingkan potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang. Proyeksi angka ini berasal dari survei Kemenhub dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para pakar dan akademisi di bidang transportasi. 

Ilustrasi Mudik Lebaran. (Dok. Kemenhub)